Kesrawan


Jul 06, 2015 by Disnak Jabar    Dibaca : 7013 Kali
 

Kesejahteraan hewan merupakan persoalan sosial yang cukup penting saat ini. Adanya larangan expor sapi dari negara Australia beberapa waktu yang lalu terkait dengan adanya kasus kesrawan di Rumah Potong Hewan membuat berbagai pihak mulai membuka mata akan Kesejahteraan Hewan. Berbagai usaha dilakukan mulai dari sosialisasi tentang pentingnya kesrawan, fasilitas yang mendukung kesrawan hingga penerapannya agar berbagai pihak peduli akan kesrawan. Sosialisasi ini tidak hanya dilakukan kepada petugas-petugas di Rumah Pemotongan Hewan tetapi juga ke masyarakat.
Berdasarkan UU 18 tahun 2009 KesejahteraanHewan adalah segala urusan yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan menurut ukuran perilaku alami hewan yang perlu diterapkan dan ditegakkan untuk melindungi hewan dari perlakuan setiap orang yang tidak layak terhadap hewan yang dimanfaatkan manusia.
Kesejahteraan hewan berkaitan erat dengan kesehatan hewan dan keamanan pangan (asal hewan).
Tujuan penerapan kesejahteraan hewan adalah melindungi sumberdaya hewan dari perlakuan orang atau badan hukum yang dapat mengancam kesejahteraan dan kelestarian hewan. Pada hakekatnya penerapan kesejahteraan hewan adalah untuk kesejahteraan manusia itu sendiri.
 
 


Share this Post :