Kampanyekan Konsumsi Daging Domba


Nov 23, 2016 by Disnak Jabar   Tags      Dibaca : 1487 Kali
 

Dinas Peternakan Jawa Barat (Disnak Jabar) bersama Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran (Fapet Unpad) berupaya mengampanyekan konsumsi daging dan budidaya domba. Kampanye ini dilakukan melalui kegiatan sosialisasi yang di gelar di Kampus Fapet Unpad,Jatinangor,Rabu (23/11).
 Sosialisasi ini sejalan dengan upaya memperkuat predikat Jabar sebagai “Provinsi Domba”. Kegiatan itu di isi juga dengan seminar kesehatan daging domba dan manajemen wirausaha ternak domba.Selain itu,ada juga perlombaan memasak daging domba,serta pameran berbagai produk olahan daging ternak tersebut. “Kami sengaja hadirkan chef dari restoran-restoran ternama di Bandung yang bergabung dalam Indonesian Chef Association (ICA)”,ujar Kepala Disnak Jabar Dody Firman Nugraha Kepada Republika. 
Dody mengatakan, kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa meningkatkan konsumsi daging domba oleh masyarakat.Sekaligus juga mendorong budidaya domba,sehingga potensi ekonomi ternak tersebut tidak hanya muncul menjelang hari raya Idul Adha. “Daging domba bisa dijadikan menu konsumsi keluarga asalkan dimasak dengan benar”, kata dia.
Dengan pengolahan daging yang benar,menurut Dody, Masyarakat tidak perlu khawatir akan ancaman kolesterol.Untuk meyakinkan itu, dalam kegiatan sosialisasi menghadirkan perwakilan dari Dinas Kesehatan Jabar.Staff Pengajar bagian laboratorium produksi ternak potong Fapet Unpad Deni Heryadi menjelaskan, Daging domba sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bahkan di Negara Inggris,kata dia,Pemerintahannya mendorong konsumsi daging domba ini untuk balita.
Pemerintah Kanada pun disebut menganjurkan warganya untuk mengkonsumsi daging domba. Menurut Deny, Daging Domba mengandung Nutrisi yang berguna mendukung pengemabangan kecerdasan balita selama masa pertumbuhannya. Dalam daging domba juga terkadung omega 3 dan zat antikarsinogenik yang dapat mencegah kanker.”oleh karena itu,tidak usah takut oleh anggapan kandungan kolesterol yang terkandung dalam daging domba”,ujar dia.








Share this Post :

Sorotan