Gubernur Aher Luncurkan Gerakan Menanam Indigofera


Oct 07, 2016 by Disnak Jabar   Tags      Dibaca : 1159 Kali
 

 Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meluncurkan gerakan menanam indigofera (gendir) pada kegiatan Gubernur Ngamumule Lembur (GNL) di Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jumat (7/10/2016). Desa Majasari adalah desa terbaik pada lomba desa tingkat nasional pada tahun 2016 ini.
Aher, sapaan akrab Gubernur Ahmad Heryawan mengatakan tanaman indigofera merupakan tanaman yang kaya protein dan sangat baik untuk pakan ternak. Sebagai bahan baku pakan ternak, tanaman indigofera termasuk efisien dan bergizi sekaligus memiliki kemampuan memulihkan kesuburan tanah serta fungsi konservasi lingkungan.
"Gendir (gerakan indigofera) merupakan gerakan rakyat Jabar untuk menanam indigofera. Penanaman dapat dilakukan di mana pun, bisa di halaman rumah, di pinggir jalan, dan lahan-lahan kosong lainnya," ujar Aher melalui rilis yang diterima Tribun, Jumat (7/10.
Gerakan indigofera ini diharapkan menjadi gerakan serempak menanam dan mengembangkan indigofera sebagai sumber pakan lokal berupa konsentrat hijauan pakan ternak murah dan berkualitas agar masyarakat peternak dapat menekan biaya pakan maksimal hingga 50 persen dan bisa berdampak pada harga daging sapi yang murah serta penghasilan petani dan eternak pun meningkat.
Selain memiliki manfaat ekonomi, indigofera juga memiliki fungsi konservasi lingkungan sebagai penahan erosi serta perbaikan struktur tanah yang diharapkan menjadi salah satu komoditas untuk memulihkan sejumlah lahan kritis di Jawa Barat.
"Selama ini harga daging sapi mahal karena memang harga pakannya mahal. Tapi dengan ada indigofera, harga pakan bisa ditekan hingga 50 persen. Dengan demikian kita harapkan ke depan harga daging sapi juga bisa jauh lebih murah. Semoga ini awal dari kemandirian swasembada daging dan protein hewani di Jawa Barat dan Indonesia," tutur Aher


Share this Post :

Sorotan